Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru

  • Sanuri Sanuri STAIS Dharma Kesuma Indramayu

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mendiskusikan Peningkatkan mutu pembelajaran dan mutu guru melalui implementasi supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pada siklus satu dan siklus dua menunjukkan terjadi peningkatan skor pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Meskipun masih berada pada kategori cukup, namun dari pra siklus sampai dengan siklus dua terus mengalami peningkatan. Hasil ini dapat dicapai karena adanya kerjasama yang baik antar Kepala Sekolah dan Guru yang disupervisi. Kepala Sekolah berdiskusi dengan guru mengenai masalah yang dihadapi guru pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik yang dilakukan Kepala Sekolah merupakan usaha untuk memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru serta merevisi tujuan, bahan, metode, dan penilaian pengajaran. Supervisi akademik dapat membantu guru untuk mempelajari dan memahami tugas dan perannya sebagai seorang pendidik.

References

Ayuni, F. N. 2015. Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik, dalam pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15:2 (Nopember, 2015).
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi akademik materi pelatihan penguatan kemampuan kepala sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian kinerja guru. Jakarta: Depdiknas,.
Dirjendikdasmen, 2015. Panduan penilaian untuk sekolah menegah atas. Jakarta: Kemendikbud, 56.
Elliott, K. 2015. Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development?Australian Journal of Teacher Education, 40 :4 (December, 2015).
Herlambang, A. D. 2013. Pelaksanaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) SMAN. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 36: 2. (Juli, 2013).
Irawan, D., Wahyudin, A.,&Yanto, H. 2018. The moderating influence of the academic supervision of teacher competencies and commitment towards organizational of teacher performance. Journal: Educational Management, 7:1, (Januari, 2018).
Kemenbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2013).
Kemendikbud, 2017. Neraca pendidikan daerah. Retrieved November 12, 2017, from .https://npd.kemdikbud.go.id
Mardiana, S., & Sumiyatun, S. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Metro. Jurnal HISTORIA, 5: 1, (Januari, 2017), 46.
Moss, J. T. 2015. The Danielsonmodel of teacher evaluation: exploring teacher perceptions concerning its value in shaping and improving instructional practice. (Dissertation) Seton Hall University.
Nadlir, M. 2013. Perencanaan pembela-jaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1:2, (Juli, 2013).
Palupi, R.S. 2013. Pelaksanaan pembe-lajaran IPS di SMK Nasional Pati. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1:1. (Januari, 2013).
Putri, N. H., & Wibowo, U. B. 2018. Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6:1, (Januari, 2018).
Rahabav, P. 2016. The effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice, 7 : 9. (Sept, 2016).
Samsuadi, S. 2015. Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1:2. (Juni, 2015).
Shabir, M. 2015. Kedudukan guru sebagai pendidik: tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru. Jurnal Auladuna, 2:2 (Desember,2015).
Siregar, Y. 2013. Kompetensi guru dalam bidang strategi perencanaan dan pembe-lajaran Matematika. Formatif:Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3:1. (Januari, 2013).
Sugiyanti, S., & Narimo, S. 2016. Pengelolaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11:1, (Januri, 2016).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta..
Ungin, M. 2013. Studi tentang kualitas tenaga pengajar (guru) pada SMPN 17 Sendawar Kabupaten Kutai Barat. EJournal Ilmu Administrasi Negara, 1:1. (Januri 2013).
Published
2019-11-01
How to Cite
SANURI, Sanuri. Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. I’TIBAR, [S.l.], v. 7, n. 13, p. 213-224, nov. 2019. ISSN 2615-5117. Available at: <http://ojs.kopertais02.or.id/index.php/itibar/article/view/155>. Date accessed: 11 july 2020.